2 Januari 2011

        Saya yakin banyak dari Anda yang komputernya pernah terinfeksi oleh virus. Sebagian besar dari Anda bisa membasmi virus tersebut dengan Antivirus yang sudah ada seperti Avira , Kaspersky, Smadav atau PCMAV. Tapi masalahnya sekarang adalah, sewaktu kita membersihkan virus dari komputer kita, ada beberapa file atau foder yang hilang. Apakah Anda frustasi karena hal itu? karena banyak sekali data-data Anda yang tersimpan dalam file atau folder tersebut. Walaupun virus tersebut tersebut telah Anda basmi dengan Antivirus berulang-ulang, namun file atau folder Anda masih saja tidak muncul di Windows Explorer. Kenapa? Tapi jangan kawatir terlebih dahulu, walaupun folder atau file anda hilang itu sebenarnya tidak hilang, namun  beberapa virus tersebut hanya memberikan attribute hidden dan system kepada file atau folder tersebut.
        Lalu bagaimana cara mengembalikan/menampilkan kembali file dan folder yang disemunyikan virus? Caranya adalah hanya dengan mengatur agar komputer Anda menampilkan file atau folder yang beratribut hidden dan system yaitu melalui folder options. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka Windows Explorer.
  2. Klik menu Tools >> Folder Options.
  3. Pada jendela folder options, beri tanda pada pilihan “Show hidden files and folder”. Pilihan ini berfungsi untuk menampilkan file atau folder yang beratribut hidden.
  4. Kemudian untuk menampilkan file yang beratribut system, hilangkan tanda cek  pada pilihan “Hide protected operating system files (Recommended)”.
  5. Menampilkan file berattribute system
  6. Selanjutnya klik OK untuk menyimpan settingan dan menutup folder options.Sekarang coba Anda periksa file atau folder yang disembunyikan virus tadi. Apakah sudah muncul di windows explorer? Jika sudah, coba lihat file atau folder anda tadi, apakah file atau folder tersebut akan terlihat samar-samar ?
    Sekarang bagaimana untuk menampilkannya agar normal kembali ? sehingga ketika dibuka di komputer lain yang belum di set file dan folder Anda kelihatan.Untuk melakukan ini Anda membutuhkan bantuan sebuah software. Software yang Anda butuhkan adalah software yang berfungsi untuk merubah atribut file atau folder. Salah satu software yang saya rasa cukup bagus adalah Attribute Changer.
        Dengan menggunakan Attribute Changer Anda bisa merubah attribute file atau folder dengan mudah. Anda cukup mengklik kanan sebuah file atau folder, kemudian pilih Change attribute.
Change Attribute

        Pada jendela Attribute Changer pilihlah attribute yang sesuai. Agar Anda bisa menampilkan (mengembalikan) file dan folder yang disembunyikan virus, maka set attribute ke normal dan hilangkan tanda cek pada plihan hidden dan system.
Attribute Changer

 Untuk download Attribute Changer silahkan klik link di bawah ini
Download Attribute Changer (Ziddu)
Download Attribute Changer (Hotfile)

0 komentar:

Posting Komentar