14 Januari 2011

Sepuluh tahun yang lalu internet di Bondowoso sangat terbatas dalam pemakaian dan aksesnya. Kebanyakan orang hanya mendengarnya atau bahkan belum pernah tau. Mungkin masih jarang atau hanya tempat-tempat tertentu saja yang menyediakan. Namun yang menggunakanpun hanya segelintir orang saja. Bahkan bisa dihitung dengan jari. Orang dulu mungkin bertanya-tanya kegunaannya apa? atau kelebihannya apa?. Kalo kita bertanya pada kakek nenek pun mereka tidak akan tau, karena jaman mereka dulu saja tidak ada. Lalu bagamana dalam dunia pendidikan?,internet tidak benar-benar dibutuhkan.Sekolahpun tidak menyediakan untuk penggunaan internet, mungkin pada waktu itu internet tergolong Bondowoso yang langka dan mahal. Bahkan memikirkan untuk melengkapi kebutuhan Sekolah saja sudah bingung apalagi memikirkan soal internet.

Pada saat ini kenyataannya telah berubah, akses internet di Bondowoso sudah ada dimana-mana sampai di pedesaan pun dapat mengaksesnya, bahkan orang sekarang sangat membutuhkannya. Sebagian besar orang mencari atau bahkan memasang sendiri dirumahnya. Tua muda dari anak-anak sampai kakek-nenek semuapun sudah tau. Di mediamasa dan siaran televisi sering dibahas. Dimana-mana orang bisa menggunakan fasilitas internet seperti di kantor, warnet, Sekolah, kampus, bahkan di rumah mereka masing-masing.Internet menjadi barang yang lumrah pada saat ini. Baik untuk komunikasi, informasi, dan lain lain.


Internet pada masa kini adalah media untuk mencari berbagai informasi atau penunjang dalam pendidikan. Tapi di saat ini di Bondowoso, internet bagi pendidikan di Sekolah masih belum begitu merata. Sepertihalnnya Sekolah di pedesaan murid-murid belum mengenal layanan internet, walaupun ada kadang hanya untuk para guru-gurunya saja. Nah bagaimana pemerintah menanggapinya?Kenyataannya berbeda antara keadaan murid-murid dan gurunya. Bukankah dengan adanya akses internet untuk murid-murid dan guru yang merata, akan menciptakan pendidikan yang lebih baik.

Dalam penempatan tujuan pendidikan untuk orde yang lebih tinggi sebaiknya pemerintah dalam dunia pendidikan lebih serius menanggapinya. Dengan begitu terciptanya generasi penerus bangsa yang lebih profesional dan siap bersaing akan menjadi lebih mudah. Generasi bangsa yang seperti itu akan membuat bangsa kita menjadi akan lebih maju. Sehingga kita dapat bersaing dengan negara-negara berkembang.

Jika pemerintah serius mananggapi dengan serius pentingnya Bondowoso dalam pendidikan terutama internet. Maka guru dan murid di Sekolah dapat mencari dan menerima informasi dalam berbagai mata pelajaran. Guru dan murid dapat berinteraksi dalam berbagi dan bertukar informasi yang mereka dapatkan.Kemajuaninternet juga membuat komunikasi antara murid dan guru menjadi lebih mudah. Murid dapat mengirim tugas melalui email, atau dapat saling berkomunikasi lewat jejaring sosial yang sudah ada. Dengan demikian dunia pendidikan kita tidak akan ketinggalan jaman karena komunikasi guru dan murid yang mudah interaksinya.

Internet sebagai jendela perpustakaan dunia yang membuat dunia pendidikan menjadi lebih maju. Kegiatan belajar mengajar dalam Sekolah akan sangat baik apa bila dipasang dan menempatkan internet di kelas. Lalu menghubungkan antara mata pelajaran dan informasi di internet, maka pelajaran dan informasi menjadi satu kumpulan materi yang berguna bagi murid dan guru yang mengajar.

Bagamaimana keadaan pendidikan di masa mendatang?, tentunya akan menjadi lebih maju dengan adanya perkembangan teknologi dan komunikasi melalui internet. pendidikan di Sekolah menjadi pendidikan yang didalamnya terisi materi-materi pendidikan global, atau setara dengan pendidikan yang ada di negara maju. Tentunya dengan peran guru dan pemerintah yang mendukung di dalam pewujudannya.

0 komentar:

Posting Komentar